May 16, 2021

elobservadordiario

Tips And Trick Tentang Permainan Casino

pertalite springbed murah berkualitas

Jaga Kesehatan Tubuh Dengan 7 Posisi Tidur berkualitas

Untuk memperoleh kondisi yang fit dan prima, kita disarankan untuk selalu menjaga pola hidup yang sehat salah satunya dengan mengatur dan memperhatikan pola tidur. Seperti mengurangi begadang jika tidak ada urusan yang penting, durasi tidur maksimal 7-8 jam, serta tidur lebih awal agar bangun lebih bugar. Selain itu, kualitas tidur juga dapat dipengaruhi oleh jenis makanan yang anda konsumsi, kasur yang nyaman serta berkualitas, dan jangan lupakan untuk memperhatikan posisi tidur berkualitas.  

Perlu anda ketahui, jika posisi tidur juga dapat memberikan pengaruh pada kondisi kesehatan tubuh tulang dan juga mempengaruhi kualitas serta kenyamanan tidur agar dapat  tidur dengan nyenyak. Bagi anda yang selam ini tidurnya kurang nyenyak, atau tidka nyaman mungkin posisi yang anda pilih kurang tepat. Selain agar bangun tubuh sakit-sakit karena salah posisi, beberapa posisi tidur berkulitas ini dapat kamu terapkan saat tidur agar kualitas tidur tetap terjaga dengan baik.

  • Posisi telentang, posisi tangan lurus di samping badan

Posisi tidur pertama yang bagus untuk kesehatan adalah posisi yang paling umum dilakukan oleh banyak orang, yaitu posisi telentang dengan kedua tangan pada samping badan. Posisi ini dianggap paling bagus khususnya untuk tulang belakang dan juga untuk tulang leher.

 Saat melakukan posisi ini, hindari penggunaan bantal yang terlalu tinggi atau terlalu banyak tumpukan. Justru penggunaan bantal yang terlalu tinggi dapat membuat leher tertekuk ke depan. Selain tidak nyaman, tumpukkan bantal yang banyak dapat memicu anda mendengkur saat tidur.

Meskipun posisi ini sehat untuk tulang, bagi anda yang berbadan gemuk atau obesitas posisi ini justru tidak disarankan, sebab, dapat menimbulkan gangguan tidur sleep apnea, yaitu gangguan yang mana  nafas berhenti sejenak saat sedang tidur. Bagi orang dengan badan gemuk, justru ini akan membuat tidur jadi kurang berkualitas karena pasokan oksigen menuju otak saat tidur terhambat.

  • Posisi telentang, tangan terentang ke atas

Posisi tidur telentang dengan kedua tangan berada di atas ini juga disebut posisi “starfish” karena posisinya yang menghadap ke atas menyerupai bintang laut. Tidur tengkurap dengan tangan di atas ini memiliki kualitas yang agus untuk kesehatan punggung serta menjaga kecantikan wajah anda karena membantu untuk mencegah timbulnya kerutan serta jerawat di wajah anda.

Tidak jauh berbeda dengan posisi pertama, posisi telentang dengan tangan di atas ini juga dapat mengakibatkan mendengkur dan permasalahan lain seperti acid ferlux. Acid reflux sendiri merupakan penyakit asam lambung atau dikenal dengan sebutan GERD atau Gastroesophaegeal Reflux Disease. Kondisi dimana ada rasa nyeri pada ulu hati atau adanya sensasi terbakar di dada disebabkan naiknya asam lambung menuju kerongkongan. Oleh sebab itu, orang yang mengalami GERD harus mengganjal kepalanya menggunakan bantal yang cukup jika hendak tidur dengan posisi telentang.

  • Posisi tidur menyamping ke kanan

Bagi anda seorang muslim, tentu anjuran untuk tidur dengan menghadap kanan sudah tidak asing lagi karena ini merupakan salah sunnah yang sangat dianjurkan oleh Rasullullah SAW. Meski sama-sama menyamping, ternyata baik ke arah kanan atau ke arah kiri memiliki efek yang berbeda loh. Dari segi kesehatan, tidur miring ke sisi kanan dapat membuat lingkaran otot untuk menahan asam lambung, sehingga cairan asam lambung dapat mengalir ke kerongkongan. Kondisi ini dapat menimbulkan gejala-gejala seperti dada seperti terbakar atau heartburn, batuk, dan juga mulut terasa asam. Untuk beberapa kasus, kondisi dapat menunjukkan gejala yang lebih parah seperti tiba-tiba terbangun dari tidur. Tapi, untuk para penderita GERD, justru posisi menyamping ke kenan lebih dianjurkan.

  • Posisi tidur menyamping ke kiri

Posisi ini merupakan posisi tidur yang juga paling umum dilakukan banyak orang, dalam penelitian The Journal of Clinical Gastroenterology, menyebutkan jika tidur miring ke kiri merupakan posisi yang paling baik. Utamanya bagi anda yang memiliki masalah pencernaan.  Posisi miring ke kiri ini menjadi posisi yang paling berkualitas. Menurut psikolog klinis, tidur dengan posisi miring ke kanan dpaat membuat sirkulasi darah tidak lancar, selain itu posisi ini juga dapat membuat anda sering bergerak dalam tidur dan menyebabkan tidur menjadi tidak nyenyak, jadi dapat mengganggu kualitas tidur anda.

Bagi anda yang memiliki maslah pencernaan, posisi menyamping ke kiri akan membuat persimpangan antara lambung dan kerongkongan akan tetap berada di atas cairan asam lambung. Para dokter juga menyarankan untuk para ibu hamil untuk tidur dengan posisi miring ke sebalah kiri. Karena dapat melancarkan sirkulasi darah menuju janin. Perlu diingat jika posisi ini tidak baik untuk penderita GERD.

  • Posisi tidur tengkurap

Posisi tidur yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan juga sering dilakukan oleh banyak orang adalah posisi tengkurap atau tubuh menghadap ke bawah. Posisi ini bagus untuk anda yang memiliki kebiasaan sering mendengkur saat tertidur. Tapi sebelumnya perlu dipastikan jika anda sedang tidak mengalami nyeri leher atau nyeri punggung.

Meskipun bagus untuk orang dengan permasalahan kebiasaan mendengkur, posisi ini memiliki banyak sisi negatifnya loh.

Tidur dengan posisi tengkurap akan membuta anda kesulitan dalam bernafas, karena paru-paru ditekan. Kemudian menambah tekanan pada sendi serta otot leher karena posisi leher harus berputar 90 derajat, serta nyeri pada saraf. Akibatnya, dapat menimbulkan ketengan pada leher, nyeri punggung, kebas atau kesemutan.

Posisi tidur tengkurap juga tidak bagus untuk kecantikan karena dapat menyebabkan keriput dan mengubah bentuk payudara anda. jika anda hanya dapat tidur dengan posisi tengkurap, akan lebih baik untuk menaruh bantal untuk menyangga dahi, serta memosisikan wajah atau kepala untuk menghadap ke bawah, ke arah kasur. Bukan menghadap kiri atau kanan agar jalan nafas dan terbuka dengan lancar.

  • Posisi tidur meringkuk (janin)

Posisi meringkuk menjadi posisi tidur berkualitas yang sering dilakukan oleh banyak utamanya orang dewasa. Namun, dalam budaya Jawa terdapat mitos dari  beberapa orang tua yang menyebut posisi ini sangat tidak bagus. Karena dipercaya dapat menyebabkan punggung menjadi bungkuk lebih cepat.

Memiliki posisi tidur menyamping dengan perut serta lutut yang tertekuk seperti bayi, posisi tidur ini akan memberikan manfaat bagi ibu hamil jika menghadap ke kiri. Sebab, dapat membantu memperlancar sirkulasi darah menuju bayi. Selain itu posisi ini juga baik untuk anda yang memiliki kebiasaan mendengkur.

Posisi tidur meringkuk ini juga memiliki kelemahan loh, dimana posisi tidak dianjurkan untuk anda yang mengalami radang sendi 9atritis) utamanya pada penderita artritis di area punggung. Sebab, posisi meringkuk akan menambah tekanan pada area punggung dan memperberat nyeri artritis.

  • Posisi berbaring menyamping dengan tangan lurus

Posisi tidur satu ini sama seperti posisi tidur menyamping hanya saja posisi tangan lebih detail diletakkan pada sisi badan dengan posisi lurus. Posisi ini akan membantu kondisi tulang belakang yang lurus dan membuat anda terhindar dari keluhan sakit punggung ataupun leher. Posisi ini juga membuat nafas lebih terbuka  dan masalah kebiasaan mendengkur dapat diatasi. Tidur dengan posisi ini sangat direkomendasikan untuk anda yang menderita sleep apnea.

Pastikan anda memilih springbed yang tepat hanya di pertalite springbed